//

Manaqib Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi, kota Al-Houthoh, Hadramaut

Manaqib

Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi, 

 kota Al-Houthoh, Hadramaut



Habib Ahmad bin Zein bin Alwi bin Ahmad Al-Habsyi Al-Alawi Al-Hadhrami As-Syafi‘i, dilahirkan di kota Ghurfah pada awal tahun 1069 H

Pada masa hidupnya beliau selalu menyibukkan diri dalam menuntut ilmu. 

Demi memperoleh tambahan ilmu, beliau mendatangi para ulama yang tinggal di Ghurfah, Syibam, Tarim, Seiwun dan berbagai kota di Hadramaut. 

Di antara ulama yang ditemuinya adalah Al-Allamah Sayid Abdullah bin Ahmad bin Abdullah Bilfaqih, yang mengajarkan kepada beliau ilmu tafsir, hadis, fiqih, tauhid, tasawuf, sejarah, bahasa dan berbagai ilmu lainnya.  

Beliau juga menimba ilmu dari Quthbul Irsyad Al-Imam As-Sayid Abdullah bin Alwi Al-Haddad. Dengan bimbingan Habib Abdullah Al-Haddad, beliau mengkaji lebih dari tujuh puluh kitab tentang berbagai disiplin ilmu. Disebutkan bahwa Habib Abdullah Al-Haddad meninggal ketika oleh beliau sedang dibacakan Al-Muwatho’.

Karya Habib Ahmad bin Zein

Habib Ahmad bin Zein memiliki berbagai karya besar diantaranya adalah As-Safînatul Kubra, terdiri dari dua puluh jilid, Syarhul ‘Ainiyyah, Ar-Risâlatul Jaami‘ah dan lain sebagainya.  Beliau menaruh perhatian yang besar pada pembangunan mesjid, dan telah membangun tujuh belas masjid yang tersebar di berbagai kota di Hadramaut.
Pada waktu Ashar, hari Jumat 19 Sya’ban 1145 H (1733M), di kota Al-Houthoh, beliau berpulang ke rahmatullah.  Semoga Allah membalas amal kebaikannya, dan memasukkannya ke dalam surga.



 Diterjemahkan dari
kata pengantar Ar-Risaalatul Jaami‘ah
oleh: Hasanain Muhammad Makhluf,
Mantan Mufti Mesir dan Ketua Lembaga Fatwa
Al-Azhar Mesir



2013@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manaqib Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi, kota Al-Houthoh, Hadramaut"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip