//

Syekh Abu Yaqub Yusuf Al-Hamdani, Tentang Syekh ABDUL QADIR AL-JAILANI

Syekh Abu Yaqub Yusuf Al-Hamdani, Tentang Syekh ABDUL QADIR AL-JAILANI




  Syekh Abu Ya’qub Yusuf Al-Hamdani adalah termasuk salah seorang tokoh sufi yang sangat terkenal dan besar sekali pengaruhnya. Beliau pun dikenal pula sebagai seorang Wali Qutub atau Wali Ghauts, yakni pemimpin para wali pada zamannya.

  Beliau adalah salah satu arif billah yang agung, penjaga sunnah Nabi Muhammad SAW. Syekh Ya’qub  al-Hamadzani adalah salah satu Wali Allah yang menempati maqam ghauts al-adhim, dan merupakan salah satu figur utama dalam silsilah Tarekat Naqsyabandiyah.

  Syekh Abu Ya’qub Yusuf ibn Ayyab ibn Yusuf ibn al-Husayn al-Hamadani lahir di Buzanjird, daerah Hamadan, sekitar tahun 404 H. Setelah menempuh pendidikan awal di tanah kelahiran, pada usia 18 tahun beliau pindah ke Baghdad. Beliau mendalami fiqh mazhab Syafi’i kepada Syekh Ibrahim ibn Ali ibn Yusuf al-Fairuzabadi. Beliau juga berguru dan bersahabat dengan Syekh Abu Ishaq as-Shirazi, seorang ulama besar di sana. Karena kecerdasannya, Syekh Yusuf menjadi rujukan bagi banyak ulama. Namanya terkenal hingga ke Isfahan, Bukhara, Samarqand, Khwarazm dan sebagian besar kawasan Asia Tengah.

  Tetapi kemudian beliau meninggalkan popularitasnya dan lebih memilih uzlah untuk mujahadah dan menjalani riyadhah spiritual yang ketat. Beliau bergabung bersama beberapa sufi seperti Syekh Abdullah Ghuwayni dan Syekh Hasan Simnani. Beliau juga berguru kepada Syekh Abu Ali al-Farmadhi. Berkat ketekunannya beliau akhirnya mencapai kedudukan Ghauts, Sang Penolong, sebuah kedudukan yang tinggi dalam hirarki kewalian. Beliau kemudian menetap di Merv dan sejak saat itu banyak karamah yang diperlihatkannya. Beliau meninggal di Khurasan pada 12 Rabiul Awwal 535 H dan di makamkan di Merv. Makamnya menjadi tujuan banyak peziarah Muslim.

Ajaran dan karamah
  Selain mengajar ilmu fiqh dan ilmu eksoteris lainnya, Syekh Yusuf Hamadani sering mengemukakan beberapa ajaran ruhani atau esoteris yang langsung diperolehnya dari khazanah ilmu Tuhan. Namun dalam hal ini beliau lebih sering menggunakan metafora atau kiasan untuk menjelaskan rahasia-rahasia yang pelik, yang hakikatnya hanya bisa diketahui oleh para Wali Allah. Menurutnya, sebagian dari Wali Allah mendengar langsung firman-Nya melalui kesaksian transenden,  sebagian Wali Allah lainnya mendengar melalui wahdaniyya, sebagian lagi melalui Kekuasaan-Nya, dan sebagian lagi melalui Rahmat-Nya. Melalui keterbukaan auditif inilah Awliya Allah mendapat pesan Tuhan, mendapat ilmu ladunni dan kabar-kabar baik dari hadirat Ilahi. Mereka memahami makna terdalam pesan-pesan Ilahiah. Sebagian mereka tenggelam dalam keabadian (baqa) kerahasiaan (sirr). Allah menjadikan saksi atas mukasyafah hamba-hamba-Nya yang terpilih, Awliya Allah, dan Allah menghiasi mereka dengan amal salih dan memberi karunia sifat-sifat-Nya kepada mereka.

  Syekh Ya’qub memiliki banyak karamah, dan yang terkenal adalah karamah yang bersumber dari asma Allah Al-Qahhar. Dalam riwayat dikisahkan bahwa suatu ketika datang dua ulama fiqh yang mengkritik Syekh Yusuf Hamadani dengan kasar: “Diamlah kamu, karena engkau melakukan bid’ah.” Syekh Yusuf menjawab, “Jangan bicara perkara yang tak engkau pahami. Lebih kalian mati ketimbang hidup.” Begitu beliau selesai mengucapkan kalimat ini, dua ulama zahir itu jatuh meninggal dunia.

  Syekh Yusuf Hamadani juga terkenal bisa berada di beberapa tempat sekaligus, dan beliau bisa datang ke tempat manapun yang beliau kehendaki dalam waktu singkat. Beliau bisa membaca pikiran dan hati orang lain. Beliau bisa memprediksi nasib orang dengan tepat. Menurut riwayat, Syekh Yusuf Hamadani memprediksikan ketinggian kedudukan Syekh ABDUL QADIR AL-JAILANI. Beliau pula yang meramalkan bahwa kelak Syekh Abdul Qadir al-Jailani akan mengucapkan kalimat yang amat terkenal, “Kakiku berada di atas bahu semua Awliya Allah.”

  Mengenai kekeramatan atau karomah beliau meramalkan tentang Syekh Abdul Qadir seperti kisah berikut :
Ketika belajar di Baghdad, Syekh Abdul Qadir Jailani dan teman-temannya sering mengunjungi orang-orang saleh. Pada suatu hari ia bersama dua orang temannya mengunjungi seorang Wali Ghauts yang dapat muncul sewaktu-waktu, yaitu Syekh Abu Ya’qub Al-Hamdani.

Sebelum mereka tiba ditempat tujuan, temannya yang bernama Ibnu Saqa’ berkata,”Aku akan mengajukan pertanyaan yang tidak akan diketahui jawabannya.”

Sementara satu temannya lagi yang bernama Abdullah bin Abi Asrun berkata,”Aku akan mengajukan pertannyaan yang akan kulihat bagaimanakah jawabannya.”

Adapun Syekh Abdul Qadir hanya berkata,”Aku berlindung kepada Allah dari pengajukan pertanyaan kepada beliau. Yang aku harapkan adalah berkat beliau.”

   Sewaktu mereka tiba dirumah yang dituju, Syekh Abu Ya’qub tidak ada. Namun beberapa saat kemudian, tahu-tahu beliau sudah ada dihadapan mereka. Syekh Abu Yaqub memandang Ibnu Saqa’ dengan tajam seraya berkata,”Hai Ibnu Saqa’ apakah engkau akan menanyakan sesuatu yang tidak akan kuketahui jawabannya? Sungguh celaka engkau! Sungguh kulihat dimulutmu tersembul tanda kekafiran.”
Setelah itu beliau menyebut pertanyaan yang akan diajukan Ibnu Saqa’ dan sekaligus menjawabnya. Padahal Ibnu Saqa’ belum sempat berkata sepatahpun.

   Kemudian Syekh berkata kepada Abdullah, “Hai Abdullah, apakah engkau akan menanyakan persoalan untuk kamu lihat jawabannya? Ketahuilah, kamu kelak akan diuji dengan banyaknya kekayaan yang datang kepadamu, akibat sikapmu yang tidak sopan kepadaku.” Seperti tadi, beliau menyebutkan pertanyaan yang ada dihati tamunya sekaligus menjawabnya.

   Selanjutnya beliau menoleh kepada Syekh Abdul Qadir yamg waktu itu masih muda, dan menyuruh agar duduk didekatnya. Syekh Abu Ya’qub lalu berkata, “Hai Abdul Qadir, Allah dan RasulNya sangat senang dengan kesopananmu. aku seolah-olah melihat, kelak dikota Baghdad, engkau akan duduk memberikan pelajaran agama dihadapan para santri yang berdatangan dari segala penjuru. Akupun seolah-olah melihat, setiap wali yang ada pada masamu, semuanya tunduk melihat keagunganmu. Ketahuilah sebenarnya kedua telapak kakiku ini berada diatas tengkuk setiap wali Allah.”  Setelah berkata demikian, tiba-tiba sang Wali Quthub lenyap dari pandangan mata para tamunya, tanpa diketahui kemana perginya.

   Nah, kelak dikemudian hari apa yang dikatakan oleh Syekh Abu Ya’qub Al-Hamdani semuanya menjadi kenyataan dimana Syekh Abdul Qadir Jailani menjadi pemimpin para Wali.
Dalam kitab Qalaidul Jawahir disebutkan, bahwa Syekh Abu Ya’qub wafat pada tahun 535 H. Setelah meninggal, ruh beliau mengajarkan rahasia zikir kepada Syekh ABDUL KHALIQ AL-FADJWANI melalui visi spiritual.


Dikutip Dari berbagai Sumber

abbdkadiralhamid@20013

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Syekh Abu Yaqub Yusuf Al-Hamdani, Tentang Syekh ABDUL QADIR AL-JAILANI"

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Promo Deposit RATE TERBESAR!
    Via Pulsa Tanpa Potongan Setiap Deposit
    Deposit Pulsa TELKOMSEL - XL - AXIS Tanpa Potongan
    ♣Bandar Judi Online Deposit Pulsa TELKOMSEL XL AXIS TANPA POTONGAN♣
    Spesial Event Daftar Zeusbola Deposit Pulsa Tanpa Potongan Rate :
    Syarat & Ketentuan Berlaku :
    • Minimal Deposit Pulsa Zeusbola Rp.10.000,- ( Minimal Deposit Pulsa Tanpa Potongan Yang Berlaku Sebesar : Rp.100.000,- )
    • Untuk mendapatkan Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Wajib Komfirmasi kepada Layanan Customer Service Zeusbola, Bisa Melalui : Livechat ataupun Whatsapp Resmi Zeusbola terlebih dahulu.
    • Setiap member yang mengikuti Event Deposit Pakai Pulsa Tanpa Potongan, Beberapa Bonus Promo Zeusbola Tidak Berlaku Seperti ( Bonus Harian , Bonus New Member )
    • Penarikan Dana dapat dilakukan apabila telah mencapai 3x TO (TurnOver) Dari Jumlah Nilai Deposit.
    Noted : Apabila tidak mencapai syarat & ketentuan penarikan dana, maka akan dikenakan potongan sebesar 40% Dari Jumlah DP.
    ☻ Ilustrasi : DP 100rb ( Tidak mencapai TO ) - Maka Potongan Sebesar ( Deposit = 100rb - 40% ) = Potongan Sebesar Rp.40.000,-
    • Maksimal Claim Promo Deposit Tanpa Potongan Yang Berlaku Per Userid / Akun Hanya Rp.1.000.000/Hari
    • Deposit Pulsa Tanpa Mengikuti Promo Tanpa Potongan Ataupun Telah Mencapai Maksimal Yang Berlaku, akan dikenakan biaya potongan sesuai rate yang berlaku :
    – Provider XL / AXIS ( Rate 85 Atau Potongan Sebesar 15% )
    – Provider TELKOMSEL ( Rate 80 Atau Potongan Sebesar 20% )
    • Promo dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
    • Seluruh keputusan yang diambil oleh pihak zeusbola bersifat multak.
    Nikmati Layanan Transaski Lainnya Dari Zeusbola Seperti Deposit Via Pulsa Xl, Axis, Telkomsel, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, Jenius BTPN & Seluruh Bank Lokal Indonesia.
    Segera hubungi kami di WHATSAPP (+62822 7710 4607)

    #agenresmi #agenterpercaya #live24jam #fasrespon #newmember #bigbonus #jackpot #turnover #situsjudionlineterbaik #notiputipu #bonusspesial #bonusreward #bandarjudi #promoterbaruzeusbola #depositpulsa


    ReplyDelete

Silahkan komentar yg positip