//

MANAKIB AS-SAYYID AS-SYARIF MUHAMMAD BIN 'ALWI AL-AYDRUS/HABIB SA'AD RA, TARIM

 
MANAKIB AS-SAYYID AS-SYARIF MUHAMMAD BIN 'ALWI AL-AYDRUS/HABIB SA'AD RA, TARIM


 
Dia adalah As-Sayyid As-Syarif Al-Faadhil Muhammad Bin Alwi Alaydrus , digelar dengan nama Habib Sa'ad . Lahir di Tarim pada tahun 1351H dan tumbuh di Tarim . Mengambil ilmu dari ulama - ulama Tarim khususnya di Ribath Tarim . Kemudian ia pindah ke ' Aden untuk bekerja . Dan disana ia berhadapan dengan corak kehidupan pemerintahan keras Komunis Merah pada saat itu , yang menahannya dalam penjara tanpa kesalahan dan tanpa kehormatan sebagai mana dilakukan kepada banyak dari kaum sholihin . Dimulai dari sinilah Allah mengujinya sampai dimana kadar keimanan, kesabarannya , maka Allah telah mentaqdirkan baginya bahwa dia menghafal al-Quran dalam kegelapan penjara . Kemudian pada 1395H beliau keluar dari penjara setelah hampir 4 tahun dipenjara . Setelah itu beliau kembali ke Tarim dan menjadi imam di Masjid As - Saqqaf dan guru al - Quran di Mu'alamah Abi Murayyin . Para Santri berduyun-duyun datang belajar darinya meskipun terjadi kekerasan komunis pada saat itu dan masih berlanjut setelah itu . Habib Sa'ad sangat suka membaca , memutala'ah dan mencatat ilmu, sehingga menjadi sebuah karya tulis,semua karangannya mencapai lebih 70 buah kitab . Dia juga terlibat dalam beberapa seminar dan muktamar di Tarim .

Pada tahun 2009 , ia menerima penghargaan penghargaan dari Markaz Ibn 'Ubaydillah al - Saqqaf karena jasa dan kontribusinya dalam bidang penghafalan al-Quran .
Habib Sa'ad meninggalkan banyak tulisan , mencapai lebih dari 70 buah antara lain karangan beliau kitab tentang niat , siwak , kelebihan kalimat Lailaha ilalLah , Hikam al-Imam ' Ali رضي الله عنه , , kenali dirimu , rahasia - rahasia nama Allah al - Lathif , Khulashah Akhlak Salafus Shaleh , Lailatul Qadar dan lain - lain lagi . Kita akan dapat merasakan keluasan ilmu beliau bila kita membaca karangan beliau .

Beliau juga merupakan guru al-Qur'an al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz di Kubah Abu Murayyim, dan Beliaupun sudah tau bahwa Muridnya ini akan menjadi seorang 'ulama' besar dimasa yang akan datang nanti.

Menjelang Maghrib (8 Dhulqaedah 1432/6 Oktober 2011) Kota Tarim dilanda Kesedihan mendalam ketika terdengar khabar bahwa Al-Habib Muhammad bin ‘Alawi bin Umar bin Aydrus bin 'Alawi al-Aydrus atau lebih dikenali dengan panggilan Habib Sa’ad telah kembali kerahmatuLlah pada usia 81 tahun. Beliau meninggal dunia ketika sedang membaca kitab Ihya ‘Ulumiddin, dan ketika beliau istirahat sebentar sementara kitab masih berada di tangan beliau. Allah Memanggil Beliau untuk menghadap keharibaanNya.

Alfaatihah li as-Sayyid as-Syarif al-Faadhil Muhammad bin ' Alwi al - Aydrus .

Semoga Allah mengampuninya, merahmatinya, memaafkan semua kesalahannya, melipatgandakan kebaikannya, menempatkan ruhnya di surga Firdaus yang tertinggi bersama para Nabi, shiddiqin, Syuhada 'dan Sholihin dan semoga Allah memberi ganti yang baik bagi kami dan kaum muslimin.
Aamiin.....

Ya Rob Kumpulkanlah kami bersama Beliau, bersama para kekasih-kekasihMu serta kepada Manusia yang paling Mulia yakni Rosulullah Muhammad Shollallaahu alaihi wasallam, walaupun kami tidaklah pantas untuk itu, dikarenakan alangkah hinanya diri kami ini.
tetapi akan bersama siapa lagi Ya Robb.....jika kami tidak bersama Beliau-beliau ini......?????
Ya Robb kabulkanlah Doa kami

SEMOGA BERMANFAAT
2013@Abdkadir alhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANAKIB AS-SAYYID AS-SYARIF MUHAMMAD BIN 'ALWI AL-AYDRUS/HABIB SA'AD RA, TARIM"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip