//

Fatwa ulama besar tentang memperingati hari kelahiran NABI MUHAMMAD SAW



Fatwa ulama besar tentang memperingati hari kelahiran NABI MUHAMMAD SAW

Sebenarnya masalah tentang perayaan Maulid nabi SAW adalah masalah klasik yang selalu menjadi perdebatan di kalangan Ulama tentang boleh tidaknya mengadakan perayaan Maulid nabi saw. Kaum Nahdiyyin dan majlis-majlis taklim yang di asuh oleh para Habaib selalu mengadakan perayaan maulid setiap tahun atau membaca maulid di setiap diadakanya majlis taklim. Namun belakangan masalah tersebut diangkat kembali oleh sekelompok kaum muda yang anti maulid memvonis bahwa perayaan maulid adalah bid’ah yang harus di berantas. Meraka kaum muda yang anti maulid tersebut harus banyak belajar dari para Ulama shalapus sholeh yang kapasitas keilmuaannya tidak diragukan lagi. Meraka kaum muda anti maulid tersebut berpendapat bahwa mengadakan maulid atau membaca maulid adalah bentuk pengagungan yang berlebihan terhadap nabi Muhammad yang notabennya sebagai manusia. Padahal hingga saat ini apakah ada umat yang menyembah Muhammad saw ?tentu tidak !! Mengadakan dan pembacaan maulid nabi SAW adalah bentuk kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW , betul nabi adalah manusia tapi dia bukan Manusia biasa..nabi dijaga oleh Alloh swt untuk tidak tergelincir dalam melakukan dosa besar dan kecil. Beda dengan kita sebagai manusia biasa.

1. Imam jalaluddin As-suyuty ra menjelaskan dalam risalahnya yang berjudul "Husnul-Maqosid fi A'malil-Maulid

"Orang pertama yang menyelenggarakan peringatan maulid Nabi SAW ialah Sultan Al-Mudzaffar, penguasa arbil (suatu tempat di Iraq sebelah timur / selatan kota mausil). Peringatan tersebut dihadiri oleh para ulama terkemuka dan orang-orang sholeh dari kaum sufi. tiap tahun Al-Mudzaffar mengeluarkan biaya sebesar 300.000 dinar untuk peringatan maulid, dengan niat semata-mata untuk taqorrub kepada Alloh SWT Menurut kenyataan, tak seorang pun dari ulama dan orang-orang saleh yang hadir dalam peringatan itu mengingkari kebajikan dan fadilah peringatan maulid, bahkan semua merestui dan memuji prakarsa Sultan Mudzaffar, atas permintaan Sultan Mudzaffar, Ibnu Dahyah menulis sebuah kitab khusus mengenai maulid Nabi SAW dengan judul: "At-Tanwir fi Maulid Al-Basyir An-Nazdir". kitab itu ditulis pada tahun 604 H. dan ternyata diakui kebaikannya oleh para ulama pada masa itu.


اقوال العلماء في احتفال المولد النبوي
الشريف


١.قال ابن تيمية رحمه الله تعالي "فتعظيم المولد واتخاذه موسما قد يفعله بعض الناس ويكون له فيه اجر عظيم لحسن قصده وتعظيمه لرسول الله صلى الله عليه وسلم
(السيرة الحلبية لعلي بن برهان الدين الحلبي ١/ ٨٣-٨٤،وذكره ابن تيمية في كتابه اقتضاء الصراط المستقيم.


berkata ibn taimiyah rahimahullah:

"mengagungkan maulid dan menjadikanya acara musiman sbgaimana yg dilakukan oleh sbgian orang mk didalamya akan mendapatkan pahala yg besar krn mempunyai tujuan yg baik dlm rangka membesarkan dan memulyakan nabi muhammad saw"

silahkan rujuk kitab siroh alhalabiyah juz 1 hal 83-84,juga disebut dlm kitab ibn taimiyah "iqtidho' as shirotul mustaqim".

٢.قال ابن حجر الهيثمي رحمه الله تعالى:والحاصل ان البدعة الحسنة متفق علي ندبها،وعمل المولد واجتماع الناس له كذلك،اي بدعة حسنة.


2. ibn hajar alhaitsami rahimahullah:

"alhasil bahwa bid'ah hasanah adalah sebuah kesepakatan yg muttafak untuk kebolehanya,mengamalkan maulid dan kumpulnya org didalamnya termasuk daripada hal yg dibolehkan dan termasuk bid'ah yg hasanah"

٣.قال ابو شامة شيخ الامام النواوي رحمها الله تعالي:
"ومن احسن ماابتدع في زماننا ما يفعل كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم من الصدقات والمعروف واظهار الزينة والسرور،فإن ذلك مع ما فيه من الاحسان للفقراء مشعربمحبته صلى الله عليه وسلم وتعظيمه في قلب فاعل ذلك وشكرا لله علي ما من به من ايجاد رسوله صلى الله عليه وسلم الذي ارسله رحمة للعالمين"


3.syaikh abu saamah(guru dari imam nawawi )rahimaallah:

"sesungguhnya sebaik baik bid'ah hasanah yg dilakukan dizaman ini adalah mengadakan acara maulid dihari peristiwa bertepatan dgn kelahiran nabi saw,yg didalamya ada amalan sodaqoh kpd alfuqoro',amal baik,menampilkan suasana gembira diiringi dgn mensyiarkan kecintaan dan memulyakan kpd nabi saw kpd pelakunya sbgai bentuk rasa syukur kpd ALLAH atas pemberiaNYA kpd ummat ini yaitu wujudnya nabi muhammad saw sbgai rahmat bg alam semesta

٤.السخاوي: لم يفعله السلف في القرن الثلاثة،وانما حدث بعد،ثم لا يزال اهل الاسلام من سائر الاقطار والمدن يعملون المولد ويتصدقون في لياليه بأنواع الصدقات ويعتنون بقراءة مولده الكريم،ويظهر عليهم من بركاته كل فضل عميم.
(سيرة الحلبية١/ ٨٣-٨٤)


4.assakhowy : 
Tidak dilakukan oleh para salaf dlm abad ke 3, adapun pengamalanya adalah sesudahnya,senantiasa ahlul islam disetiap penjuru dunia melaksanakan peringatan acara maulid nabi saw,diiringi dgn amalan shodaqoh,serta membaca daripada siroh kehidupan nabi saw,yg senantiasa akan tampak keberkahan bg mrka dgn rahmat dari ALLAH yg merata bg mrka.

(siroh alhalabiyah juz 1/83-84)

٥.قال ابن جوزي رحمه الله تعالى:"من خواصه انه امان فى ذلك العام،وبشري عاجلة بنيل البغية والمرام"(السيرة للحلبية ١ /٨٣-٨٤).

5.berkata ibn jauzi ra:
"barang siapa yg mengkhususkan bulan kelahiran nabi saw dgn merayakan maulid,mk dia akan mendapatkan rasa aman di thn itu,dan akan mendapatkan kegembiraan yg segera serta tercapai keinginan dan tujuan.(siroh al halabiyah juz 1/83-84).

٦.وقال السيوطي رحمه الله تعالى"هو البدع الحسنة التي يثاب عليها صاحبها،لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه وسلم واظهار الفرح والاستبشار بمولده الشريف.(الحاوي للفتاوى ١/ ٢٩٢)

6.berkata assuyuti ra:
"adapun maulid adalah bid'ah yg baik yg akan diberi pahala bg pelakunya,krn didalam acara maulid ada bentuk memulyakan kedudukan nabi saw,dgn perasaan gembira dan senang atas kelahiran nabi saw.(al hawi lilfatawa 1/292).

وقال ايضا "يستحب لنا اظهار الشكر بمولده صلى الله عليه وسلم والاجتماع واطعام الطعام ونحو ذلك من وجوه القربات واظهار المسرات (الحاوي للفتاوى ١ /١٩٦)

beliua assuyuti ra berkata pula bahwa "sangat dianjurkan untuk menampakkan rasa syukur kita atas kelahiran nabi saw,dgn berkumpul dlm sebuah majlis,memberi makanan,atau semacam itu dlm bentuk amalan yg mendekatkan diri kpd ALLAH serta menampakkan rasa gembira atas kelahiran nabi saw.

berkata pula ra:

ما من بيت او محل او مسجد قرئ فيه مولد النبى صلى الله عليه وسلم الا حفت الملائكة اهل ذلك المكان وعمهم الله تعالى بالرحمة والرضوان (الوسائل فى شرح المسائل للسيوطي)

tidaklah sebuah rumah,tempat,atau masjid yg dibacakan didalamnya maulid nabi saw,terkecuali tempat itu akan dipenuhi malaikat2 rahmat,dan ALLAH akan memenuhi tempat2 tersebut dgn kucuran rahmat dan keridloaNYA.

٧.وقال ابن الحاج رحمه الله تعالى:فكان يجب ان نزداد يوم الاثنين الثاني عشر في ربيع الاول من العبادات والخير والشكر للمولى علي ما اولانا من هذه النعم العظيمة واعظمها ميلاد المصطفى صلى الله عليه وسلم(المدخل ١/ ٣٦١)

7.ibn haj ra berkata: 
wajib bagi kita untuk menambah amalan ibadah dihari senin pada tanggal,bulan 12 rabiul awwal dgn amalan ibadah dan kebaikan sbgai wujud syukur kita kpd ALLAH atas karunia nikmat yg diberika olehNYA,dan paling besar nikmat tersebut adalah kelahiran nabi muhammad saw.

٨.وقال الشيخ احمد زيني دحلان رحمه الله تعالى: ومن تعظيمه صلى الله عليه وسلم الفرح بليلة ولادته وقراءة المولد (الدرر السنية ١٩٠)

8.syaikh ahmad zaini dahlan ra:

diantara bentuk mengagungkan untuk nabi saw adalah bentuk kegembiraan dimalam kelahiran beliau dgn membaca maulid nabi saw.

٩.الحافظ العراقي رحمه الله تعالي:ان اتخاذ الوليمة واطعام الطعام مستحب في كل وقت،فكيف اذا انضم الي ذلك الفرح والسرور بظهو رنور النبى صلى الله في هذا الشهر الشريف،ولا يلزم من كونه بدعة من كونه مكروها،فكم من بدعة مستحبة بل قد تكون واجبة.(شرح المواهب اللدنية للزرقاني)

9.alhafidz al iraqy ra:
bahwa mengadakan jamuan makanan dlm sebuah acara adalah perbuatan yg dianjurkan,mk bagaimana rasa gembira dan senang tersebut terkumpul disaat lahirnya nur nabi saw dibulan ini (rabiul awal),dan bukan sebuah hal yg dikatakan sebuah bid'ah yg tercela,berapa banyak hal yg bid'ah mustahab(dianjurkan) menjadi sebuah bid'ah yg wajib.

١٠.وقال شيخ الاسلام ابن حجر العسقلاني رحمه الله تعالى:اصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن احد من السلف الصالح من القرون الثلاثة،ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها فمن تحرى في عملها المحاسن وجنب ضدها كان بدعة حسنة،والا فلا،وقد ظهرلي تخريجها على اصل ثابت في الصحيحين من ان النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء،فسألهم فقالوا:هو يوم اغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى،فيستفاد منه الشكر لله تعالى ما من به في يوم معين من اسداء نعمة او دفع نقمة،ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة،والشكر لله يحصل بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة،واي نعمة اعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم،وعلى هذا فينبغي ان يقتصر فيه على ما يفهم الشكر لله تعالى من التلاوة والاطعام وانشاد شيئ من المدائح النبوية المحركة للقلوب الى فعل الخير والعمل للاخرة،واما ما يتبع ذلك من السماع واللهو وغير ذلك فينبغي ان يقال:ما كان من ذلك مباحا بحيث يقتضي السرور بذلك اليوم لا بأس بإلحاق به،وما كان حراما او مكروها فيمنع وكذا ما كان خلاف الاولى (لفتاوى الكبرى ١/ ١٩٦).

10.ibn hajar al astqolani ra berkata:
asal amal maulid adalah bid'ah krn tidak dilakukan oleh para salafusholeh sampai abad ke tiga,akan tetapi didalam peringatan maulid terdapat kandungan kebaikan2,mk hal tersebut dpt dikatagorikan sbg bid'ah hasanah.apalagi dpt dikatagorikan rasa bersyukur atas nikmat sbgaimana apa yg diterangkan dlm hadist ttg puasa asyuro,dimana ktka nabi saw dtg dikota madinah mendapati org yahudi yg sedang berpuasa pada 10 asyuro,mk nabi saw bertanya kpd mrka ttg hal itu,mrka menjawab:kami berpuasa sbgai rasa syukur kami kpd ALLAH atas selamatnya musa dari kejaran firaun dan tenggelamnya firaun.

mk bisa diambil satu faedah dari hal tersebut yaitu ungkapan "syukur" kpd ALLAH berkaitan dgn waktu tertentu atas datangnya nikmat dan ditahanya musibah,dan dilakukan berulang-ulang setiap tahun,ungkapan syukur dpt diwujudkan dgn amalan ibadah,sujud,berpuasa,berdzikir.mk adakah nikmat yg lbh besar dibanding nikmat lahirnya nabi muhammad saw bg ummatnya?seorang nabi pembawa rahmat bagi ummatnya,mk dianjurkan untuk mengungkapkan rasa syukur dgn ibadah,sprti memberi makan kpd orang,membaca sholawat,atau pujian untuk nabi saw yg dapat mengerakkan hati untuk beramal kpd kebaikan untuk tujuan akherat,adapun jk melakukanya dgn mendengarkan
lantunan dan bercampur dgn kelalaian mk itu masih dlm katagori hal yg mubah,krn masih diliputi suasana gembira dgn kelahiran nabi saw,dan apabila sudah masuk dlm katagori melakukan perbuatan yg haram mk hal tersebut adalah terlarang,mk menghindarinya adalah lbh utama.


١١.وقال ابن عابدين في شرحه على مولد ابن حجر:اعلم ان من البدع المحمودة عمل المولد الشريف من الشهر الذي ولد فيه صلى الله عليه وسلم:وقال ايضا:فالاجتماع لسماع قصة صاحب المعجزات عليه افضل الصلوات واكمل التحيات من اعظم القربات لما يشتمل عليه من المعجزات وكثرة الصلوات

11.ibn abidin 
dlm syarah atas karangan maulid ibn hajar ra berkata:ketahuilah bahwa termasuk dlm hal bid'ah yg terpuji adalah mengamalkan maulid pada bulan kelahiran nabi saw,adapun berkumpul untuk mendengarkan siroh nabi saw adalah amalan yg mendekatkan diri kpd ALLAH krn didalamnya terkandung banyak daripada sholawat kpd nabi saw.


١٢.وقال الشيخ حسنين محمد مخلوف شيخ الازهر رحمه الله تعالى:ان إحياء ليلة المولد الشريف،وليالي هذا الشهر الكريم الذي اشرق فيه النور المحمدي انما يكون بذكر الله تعالى وشكره لما انعم به على هذه الامة من ظهور خير الخلق الى عالم الوجود،ولا يكون ذلك الا في ادب وخشوع وبعد عن المحرمات والبدع والمنكرات،ومن مظاهر الشكر على حبه مواساة المحتاجين بما يخفف ضائقتهم وصلة الارحام،والاحياء بهذه الطريقة وان لم يكن مأثورا في عهده صلى الله عليه وسلم ولا في عهد السلف الصالح الا انه لا بأس به وسنة حسنة (فتاوى شرعية ١/ ١٣١)

12.syaikh al azhar hasanain muhammad makhluf ra: sesungguhnya menghidupkan malam maulid nabi saw atau malam2 bulan rabiul awal yg didlmnya telah terbit cahaya muhammad saw dgn dzikrullah dgn ungkapan perasan gembira dan syukur atas kelahiran makhluq termulnya di alam semesta ini,hendaklah dilakukan dgn adab dan khusu' serta menjauhi hal2 yg diharamkan atau mungkarat.diantara ungkapan rasa syukur bisa dgn membahagiakan org yg susah yg dapat meringankan beban mrka serta mempererat tali silaturahmi.adapun menghidupkan malam2 maulid dgn cara demikian,walaupun tidak adanya riwayat yg datang di masa nabi saw atau masa para salafusholeh mk hal yg demikian adalah diperbolehkan dan termasuk dlm amalan mengajak kpd kebaikan(fatawa syar'iyah juz 1/131)

١٣.وقال الشيخ محمد متولي الشعراوي رحمه الله تعالى: واكراما لهذاالمولد الكريم،فإنه يحق لنا ان نظهر معالم الفرح والابتهاج بهذه الذكري الحبيبة لقلوبنا كل عام،وذلك بالاحتفال بها من وقتها....(على مائدة الفكر الاسلامي ص ٢٩٥)

13.syaikh muhammad al mutawalli assa'rowi ra: 
sebagai bentuk memuliakan maulid nabi saw,seharusnya kita menunjukkan rasa kegembiraan yg sangat dgn menyebut serta mengingat nabi saw dlm hati kita setiap tahun,ialah dgn menghidupkan peringatan maulid pd waktunya.(ala maidah alfikri al islami hal 295)


١٤.وقال المبشر الطرازي رحمه الله تعالى :ان الاحتفال بذكرى المولد النبوي الشريف واجبا اساسيا لمواجهة ما استجد من الاحتفالات الضارة في هذه الايام

14. mubsyir atthorozi ra (seorang syaikh islam yg telah dahulu dari turkistan): 
 sesungguhnya peringatan maulid nabi saw menjadi hal yg seharusnya diadakan sbgai bentuk dlm menghadapi dan menandingi berbagai peringatan2 yg membahayakan dlm agama dimasa2 ini.

15. Syaikh DhiyaUddin Ahmad bin Sa`id ad-Darini dalam kitabnya " Thaharatul Qulub wal Khudu' li Allamil Ghuyub " menulis antara lain :
Mengingat atau memuji-muji Junjungan Nabi s.a.w. akan menambahkan keimanan, menerangi hati dan menyingkap rahasia kebijaksanaan Tuhan. Allah s.w.t. telah menetapkan cinta kepada Junjungan Nabi s.a.w. sebagai syarat untuk mencintai-Nya dan taat kepada-Nya sebagai ukuran kepatuhan kepada-Nya. Mengingat Junjungan Nabi s.a.w. juga berhubungan dengan mengingat Allah s.w.t. sebagaimana bai'ah kepada Junjungan Nabi s.a.w. juga berkait dengan bai'ah kepada-Nya.


16. Sayyidisy-Syaikh Abu Bakar Syatha ad-Dimyathi dalam kitabnya "I`anatuth-Tholibin" jilid 3 halaman 414 menyatakan antara lain :
Telah berkata Imam al-Hasan al-Bashri qaddasaAllahu sirrah: "Aku berikan jika ada padaku seumpama gunung Uhud emas untuk kunafkahkan atas pembacaan mawlid ar-Rasul."


17.Telah berkata Imam al-Junaidi al-Baghdadi rhm.: 
"barang siapa yang hadir mawlid ar-Rasul dan membesarkan derajat baginda, maka telah sempurna imannya."

18.Telah berkata Syaikh Ma'ruuf al-Karkhi qds.: 
"barang siapa yang menyediakan untuk pembacaan mawlid ar-Rasul akan makanan, menghimpunkan saudara-saudaranya, menyalakan lampu-lampu, berpakaian baru, berwangi-wangian, berhias-hias, demi membesarkan mawlid Junjungan s.a.w., niscaya dia akan dihimpunkan oleh Allah ta`ala pada hari kiamat bersama-sama kumpulan pertama daripada para nabi dan jadilah dia berada pada derajat yang tinggi di syurga. Dan barang siapa yang telah membaca mawlid ar-Rasul s.a.w. di atas dirham-dirham perak atau emas, dan mencampurkannya bersama dirham-dirham lain, maka akan turun keberkahan dan tidaklah akan miskin pemiliknya serta tidak akan kosong tangannya dengan berkah mawlid ar-Rasul s.a.w."

19.berkata al-Imam al-Yafi`i al-Yamani (sesetengah kitab tersilap cetak di mana huruf "ya" berubah kepada "syin" menyebabkan perkataan ini dinisbahkan kepada Imam asy-Syafi`i) :
"barang siapa yang menghimpunkan untuk Mawlidin Nabi s.a.w. saudara-saudaranya, menyediakan makanan dan tempat serta berbuat ihsan sehingga menjadi sebab untuk pembacaan Mawlidir Rasul s.a.w., dia akan dibangkitkan Allah pada hari kiamat berserta dengan para shiddiqin, syuhada` dan sholihin serta dimasukkan dia ke dalam syurga-syurga yang penuh keni'matan."

20.Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitabnya "al-Mawlid asy-Syarif al-Mu`adzdzham", Syaikh Ibnu Zahira al-Hanafi dalam "al-Jami' al-Lathif fi Fasl Makkah wa ahliha", ad-Diyabakri dalam "Tarikh al-Khamis" dan Syaikh an-Nahrawali dalam "al-I'lam bi a'lami Bait Allah al-haram", menulis senario sambutan Mawlid Nabi s.a.w. di Makkah seperti berikut :
Setiap tahun tanggal 12 Rabi`ul Awwal, selepas sembahyang Maghrib, keempat-empat qadhi Makkah (yang mewakili mazhab yang empat) bersama-sama orang banyak termasuk segala fuqaha, fudhala` (orang kenamaan) Makkah, syaikh-syaikh, guru-guru zawiyah dan murid-murid mereka, ru`asa' (penguasa-penguasa), muta`ammamin (ulama-ulama) keluar meninggalkan Masjidil Haram untuk pergi bersama-sama menziarahi tempat Junjungan Nabi s.a.w. dilahirkan. Mereka berarak dengan maelantunkan zikir dan tahlil. Rumah-rumah di Makkah diterangi cahaya pelita dan lilin. Orang yang turut serta amat banyak dengan berpakaian indah serta membawa anak-anak mereka. Setiba di tempat kelahiran tersebut, ceramah yang berkaitan Mawlidin Nabi disampaikan, serta kebesaran, kemuliaan dan mu'jizat Junjungan diceritakan. Setelah itu, doa untuk Sultan, Amir Makkah dan Qadhi Syafi`i dibacakan dengan penuh khusyu' dan khudu`. Setelah hampir waktu Isya`, barulah mereka berarak semula pulang ke Masjidil Haram untuk menunaikan sholat Isya`.


Ringkasannya peringatan maulid Nabi adalah kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat, karena itu kesempatan itu wajib digunakan untuk tujuan-tujuan yang baik. Lalu penyelenggaraan peringatan maulid tidak harus tepat pada tanggal 12 Rabi”ul awal dan tidak harus tepat pada hari senin, meskipun tanggal dan hari itu lebih afdhol. peringatan maulid dapat di lakukan kapan saja mengingat syari’at islam sama sekali tidak melarang bahkan menganjurkan serta memandangnya sebagai kebajikan yang perlu dilestarikan pengamalannya, karena besarnya manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, baik bagi kepentingan agama islam maupun bagi kepentingan kaum muslimin.
Wallohu A’lam Bi As-Showab.


Celebrating Maulid Nabawi di berbagai negara:

Sudan
http://youtu.be/gAhGlHdbH2k

Yemen
http://youtu.be/lWqBkVeczFA

Lebanon
http://youtu.be/35Zkj8wJDP

Kuwait
http://youtu.be/omh188a5bkY

Dubai
http://youtu.be/Y8mQDQqhLlg

Malaysia
http://youtu.be/jNwdWMHchFw

Saudi Arabia
http://youtu.be/Sigy8S5QoOg

Turkey
http://youtu.be/Oshpznh_2qw

Syria
http://youtu.be/zEQPMjOJuVI

Chechenya
http://youtu.be/XRVsVamr1IM

Kosovo
http://youtu.be/vSKk5Afr5PA

Iraq
http://youtu.be/Vw_zZsPaqM0
http://youtu.be/UcTzs3hwU40

Sri Lanka
http://youtu.be/5D2du_XSpgo

Bosnia
http://youtu.be/fbuGlcijgkE

Bulgaria
http://youtu.be/irHOmmPIcE4

Australia
http://youtu.be/L6Y5_k6grsw

Mawlid nchini Morroco
http://youtu.be/lXE07oBE1rg

Somalia
http://youtu.be/Q7kRfPoumzk

Mawlid nchini Libya
http://youtu.be/hA4-OgYVTq0

Ethiopia
http://youtu.be/oOf1vXQwhJM

Indonesia
http://youtu.be/ncjbasV8cP0

India
http://youtu.be/UGwcA7GlE0Q

Pakistan
http://youtu.be/fMTTUAqIY_I

Kenya
http://youtu.be/NZ0UDs7j2T0

Russia
http://youtu.be/cMe-2YJfoDw

Tunisia
http://youtu.be/z9YCDcQ4ooQ

Germany
http://youtu.be/Q88NRkU-gP8


2014@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fatwa ulama besar tentang memperingati hari kelahiran NABI MUHAMMAD SAW"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip