//

Utusan Dua Malaikat Pada Kaum Nabi Luth


Tafsir baghowi

Kisah-nabi-luth-dan-kaum-sodom
Kisah Nabi Luth Dan Kaum Sodom ~ Nabi Luth adalah anak dari saudara Nabi Ibrahim. Ayah Nabi Luth yang bernama Hasan bin Tarikh adalah saudara kandung Nabi Ibrahim. Nabi Luth ikut serta bersama Nabi Ibrahim berhijrah ke Mesir. Di sana, Nabi Luth tinggal bersama Nabi Ibrahim. Mereka mengusahakan ternak dan tanaman.

Hewan ternak telah berkembang biak hingga memenuhi wilayah mereka. Begitu pun dengan hasil tanaman. Dari tahun ke tahun, panen mereka terus bertambah. Banyak kekayaan Nabi Ibrahim dan Nabi Luth menyebabkan penduduk di sekitarnya menjadi iri. Apalagi, mereka mengetahui bahwa Nabi Ibrahim dan Nabi Luth hanyalah pendatang. Akhirnya, Nabi Ibrahim dan Nabi Luth memutuskan untuk membagi dua seluruh kekayaan mereka. Nabi Ibrahim tetap tinggal di Mesir dan Nabi Luth pergi ke Yordania. Nabi Luth menetap di wilayah Sodom.

Kota Sodom merupakan salah satu kota di Yordania. Penduduk Kota Sodom memiliki akhlak yang sangat buruk. Mereka suka sekali berbuat kemaksiatan. Di daerah tu sering terjadi pencurian dan perampasan harta benda. Orang-orang yang lemah dan tidak berdaya sering menjadi korban dari orang-orang yang berkuasa. Salah satu yang sangat buruk dari kebiasaan penduduk Sodom adalah perbuatan homoseksual. Homoseksual adalah perbuatan menyalurkan nafsu antara laki-laki dan laki-lak atau antara perempuan dan perempuan. Perbuatan ini tidak pernah dilakukan oleh kaum sebelum mereka. Perbuatan itu merajalela di Kota Sodom. Seorang pendatang tidak akan selamat dari gangguan penduduk Sodom. Apabila pendatang itu adalah seorang perempuan, para wanita akan mengganggunya. Apabila pendatang itu adalah seorang lelaki tampan, para lelaki di Kota Sodom akan memperebutkannya. Demikianlah penduduk Kota Sodom memiliki akhlak yang sangat buruk. Pada masa kini, masyarakat akan berakhlak buruk jika menjauhi ajaran-ajaran dalam agama.

Nabi Luth Berdakwah Kepada Kaum Sodom

Allah swt memerintahkan Nabi Luth untuk mengembalikan kaum Sodom di jalan Allah. Nabi Luth diminta mengajak kaum Sodom meninggalkan perbuatan-perbuatan maksiat. Nabi Luth memberi nasehat dan peringatan kepada kaumnya. Nabi Luth berkata, “Sesungguhnya aku adalah seorang Rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu, upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam. Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu. Kalian adalah orang-orang yang melampaui batas”. Mereka menjawab, “Hai Luth, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti, kami akan benar-benar mengusirmu”. Luth berkata, “Sesungguhnya aku sangat benci pada perbuatanmu”.
Nabi Luth meminta kaumnya untuk bertaubat. Dia menceritakan azab Allah yang akan ditimpakan kepada mereka yang melakukan perbuatan keji. Mereka tidak mempedulikan seruan Nabi Luth. Nabi Luth terus berdakwah. Namun, kaum Sodom tidak menyambut seruannya. Nabi Luth merasa sudah tidak ada harapan lagi untuk penduduk Sodom bersedia meninggalkan perbuatan kejinya. Nabi Luth memohon kepada Allah agar mendatangkan azab. Sungguh, azab Allah sangat menakutkan.

Tamu Nabi Luth


Tatkala Allah swt mengutus kepada nabi luth dua malaikat seperti remaja yg sangat tampan & sangat wangi harumnya , Bersedihlah Nabi Luth as karena takut kaumnya akan berbuat sodom kepada keduanya , dan Nabi Luth as tau kalau dia harus melindungi keduanya .

Saat itu Nabi luth sedang bekerja di ladang atau di sawah miliknya, ada riwayat  beliau sedang mencari kayu bakar .
Allah berpesan kepada malaikat agar supaya tidak tergesa-gesa mengadzab kaum Nabi luth sampai bersaksi Nabi luth 4x .

Nabi luth bertanya : kalian berdua mau kemana ? Mereka menjawab : aku mau bertamu kepadamu wahai Luth .
Diterimalah kedua nya dan sambil berjalan menuju rumah Nabi luth, mereka berdua bertanya : gimana kabar penduduk di desa ini dan gimana urusan mereka ?
Nabi luth menjawab : aku bersaksi desa ini adalah desa yg paling jelek amalannya,  4x Nabi luth mengulangi ucapannya .
Sambil membawa kayu bakar Nabi luth diikuti oleh malaikat dibelakangnya, ketika melewati sekelompok ummatnya yg sedang berkerumun, mata mereka jelalatan semua sambil memberi isyarat satu dengan yg lainnya melihat ketampanan pemuda yg mengikuti Nabi Luth as , kemudian Nabi luth berkata : mereka kaumku adalah PALING JELEK nya makhluk allah swt , kemudian melewati kerumunan kaumnya lagi dan sama dengan yg pertama mata mereka jelalatan dan saling memberi isyarat kepada sesamanya, malaikat jibril berkata kepada malaikat yg lain ; saksikanlah ucapan Luth , sampai Luth masuk rumahnya .

Ada riwayat lain ; sesungguhnya para malaikat langsung menuju ke rumah nabi luth as yg pada saat itu sendiri dirumahnya dan tidak ada seorangpun yg mengetahui kedatangannya kecuali keluarga nabi luth saja,  istri nabi luth yg bersekongkol dg kaumnya langsung keluar dan memberi kabar kpd kaumnya akan kedatangan remaja-remaja yg tampan seraya berkata kpd kaumnya : sesungguhnya di rumah luth ada beberapa lelaki belum pernah aku melihat ketampanan wajahnya seperti mereka .

Kemudian bergegaslah kaum tsb menuju ke rumah nabi luth as dan sebelum mereka menuju rumah nabi luth,  mereka  telah berbuat sodom terlebih dahulu. 

Sesampainya di rumah nabi luth, nabi luth berkata kepada kaumnya : wahai kaumku....anak-anak perempuanku lebih baik bagi kalian  ( namun ucapan nabi luth hanya sekedar basa-basi kepada kaumnya ) .
Takutlah kalian kepada allah swt dan jangan berbuat jelek kepadaku dihadapan tamuku , tidakkah dari kalian ada yg soleh , mengucapkan laa ilaaha illallaah serta memerintahkan yg baik & melarang yg munkar !!

Kaum nabi luth berkata kepada nabi luth : wahai Luth.....kami bukan pasangan serasi bagi perempuan-peremouan itu , kami tidak memiliki syahwat dan nafsu dengan putri2mu ( maksudnya perempuan daerah ) , padahal engkau mengetahui wahai luth dg apa yg kami inginkan ( yakni perbuatan sodom ).

Berkata nabi luth as : kalau seandainya aku memiliki kekuatan dalam badanku atau memiliki banyak pengikut atau aku bisa bergabung dg kerabat yg bisa melindungiku niscaya aku akan memerangi kalian dan menghalangi perbuatan jahat kalian utk berbuat sodom dg tamuku .

Akhirnya nabi luth menutup pintu rumahnya rapat - rapat dan beliau di dalam rumah bersama tamunya malaikat, adapun kaumnya masih diluar pintu terus merayu nabi luth agar menyerahkan tamunya kepadanya , bahkan ada dari mereka yg mencoba menaiki dinding rumah nabi luth as .

Ketika para malaikat melihat  ulah dari kaum Nabi luth as,  mereka berkata : wahai Luth. ..sebenarnya kami adalah malaikat yg diutus oleh allah swt untuk menghancurkan mereka, buka aja pintunya , tinggalkan kami bersama kaummu , mereka tidak akan bisa berbuat jahat padamu .

Dibukalah pintu rumahnya oleh nabi luth as , masuklah mereka kaumnya dan disaat itu pula jibril minta izin kepada llah swt untuk mengadzab mereka, ketika jibril mendapatkan izin dr allah swt , jibril langsung menghempaskan sayapnya yg menyebabkan mata mereka buta tidak bisa melihat apapun pada saat itu , kemudian mereka pulang ke rumahnya masing-masing dan bercerita kepada kawannya kalau di rumah luth ada penyihir yang hebat .
Kemudian Nabi luth bertanya kepada para malaikat : kapan waktu pengadzaban bagi mereka ?
Malaikat menjawab : waktu shubuh.
Nabi luth as sangat kesal dg ulah kaumnya , beliau berharap dipercepat lagi sebelum shubuh adzab bagi kaumnya .
Namun para malaikat mengatakan : tidakkah shubuh sudah dekat wahai luth.

Kemudian nabi luth as bersama keluarganya diperintahkan untuk keluar dari rumahnya dengan sisa waktu malam yg ada dikarenakan allah akan menurunkan adzab kepada kaumnya,  dan diperintahkan untuk tetap memandang ke depan tidak menoleh sedikitpun ke arah belakang , dan barang siapa yg menoleh kebelakang maka dia akan terkena musibah pula. 

Keluarlah nabi luth as bersama semua keluarganya termasuk istrinya, dan berwasiat agar terus berjalan kedepan tidak menoleh ke belakang,  namun ketika ditengah perjalan istri beliau menoleh ke belakang Ketika mendengar suara turunnya adzab, si istri hendak memperingatkan kaumnya agar menghindarinya, akan tetapi melayanglah batu besar ke arahnya dan terkena musibah sebagaimana kaumnya .

Ayat Al-Quran yang berkaitan dengan isteri Nabi Luth yang terkena azab Allah adalah ayat 11 Surat Hud. Ayat itu artinya, “Malaikat berkata, “Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir malam dan janganlah ada seorangpun di antara kamu yang tertinggal, kecuali isterimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh, bukankah subuh itu sudah dekat ?” Kata tertinggal di sini terjemahan dari kalimat yaltafit. Ada pula mufassir yang menerjemahkannya dengan menoleh ke belakang. Kisah ini merupakan pelajaran bagi kaum-kaum sesudahnya. Perbuatan-perbuatan seperti itu sangat dilaknat oleh Allah. Sungguh, azab Allah sangat menakutkan.

Semoga negeri kita indonesia di selamatkan oleh Allah SWT dari bala yg menimpa kaum nabi luth

abdkadiralhamid@2016

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Utusan Dua Malaikat Pada Kaum Nabi Luth"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip