//

AL-Habib Idrus BIN SALIM AL-Jufri, Palu, Sulteng




AL-Habib Idrus BIN SALIM AL-Jufri, Palu, Sulteng

KETURUNAN MULIA RASULLULAH صلى الله عليه وآله SAW


Dia adalah Al Habib Idrus bin Salim bin Alwi bin Segaf bin Alwi bin Abdullah bin Husein bin Salim bin Idrus bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Abu Bakar Al-Jufri. Dia lahir di kota Taris Hadhramaut pada 15 Syaaban 1309 H (1892 M).


Ibunya Syarifah Noor Aljufri lahir di distrct dari Sengkang, South Suluwesi, yang agung keturunan ditunjuk nya dengan judul 'Andi Arung Matowa Wajo'. Dia kembali ke Hadhramaut dan meninggal di Taris. Al Habib juga memiliki dua orang bersaudara yang lahir di Hadhramaut, Habib Alwi yang meninggal di Manado Sulawesi utara dan Habib Abu Bakar yang meninggal di Solo di Jawa.


Mengikuti tradisi yang kaya yang berlaku di Hadhramaut dalam memproduksi sarjana par excellence, Al Habib Idrus dipelihara oleh ayahnya dalam lingkungan keluarga yang penuh kasih. Ayahnya sendiri adalah seorang ulama besar dalam pendidikan, menulis dan 'IFTA dan ahli hukum hakim dan konsultan (muft) i . Kakeknya Al Habib Alwi bin Segaf adalah seorang ahli hukum dengan putusan ( fatwa) ditemukan dalam buku Bulughul Musytarsyidin oleh Al-Imam Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur.


Bersama dengan ayahnya, Al Habib Idrus menghadiri lingkaran studi majlis ta'lim di Taris dan Tarim. Pada usia 12 tahun, Al Habib Idrus mampu menghafal Al Quran dan mampu menguraikan dua ratus ayat dalam hal hukum Islam. Mengamati potensi, ayahnya mendalilkan bahwa Al Habib Idrus bisa menggantikannya dan mulai memperbaiki pribadi dan mendidik dia. Dia membangun sebuah ruangan khusus baginya dalam rangka memberikan interaksi yang lebih dekat dalam mengajar di bidang tafsir, hadis tasawuf, fiqih, tauhid, mantiq, bayan Ma'ani,, badi ', nahwu, sharaf, Falaq, Tarikh dan chronicals sastra.


Al Habib Idrus juga lulus dalam bidang pendidikan dari lembaga Perguruan Tinggi Arrabithatul - Alawiyah di Taris .


Terlepas dari ayahnya Al Habib juga belajar dari yg lain. ulama 'dan Auliya' , terutama dari sahabat ayahnya.


GURU BELIAU :


Habib Muhsen bin Alwi Assaggaf
Habib Ali bin Umar bin Saggaf Assaggaf
Habib Muhammad bin Ibrahim Balfagih
Habib Abdullah bin Husain bin Salleh Saleh Albahr
Habib Idrus bin Omar Alhabsyi
Habib Abdullah bin Omar Alshatrie
Syekh Muhamad Bakasir
Habib Ahmad bin Hamid (Imam Masjid Ba Alawi Tarim)
Habib Arif Billah Ali bin Muhammad Alhabsyi
Para Kyai Abu Bakar bin Ahmad Al Bakri (shahibul Fatwa)

Pada 1.327 tahun H (1909 M), ia pergi untuk berziarah dengan ayahnya selama enam bulan, selama waktu mereka berhasil memenuhi besarulama 'dan Auliya' periode itu, dan menerima izajah dan permohonan dari mereka termasuk Al-Sayyid Abbas Al-Maliki Al Hassani di Makah.


Setelah kembali ke Hadhramaut, mereka melanjutkan perjalanan mereka ke Manado, ibu Indonesia pertemuan Al Habib Idrus dan juga kedua saudaranya Al Habib Alwi dan Al Habib Para Kyai, yang telah bermigrasi ke Indonesia sebelumnya. Mereka tinggal untuk sementara waktu sebelum kembali ke Hadhramaut.


Di rumah Al Habib mulai mengajar di sekolah yang didirikan oleh ayahnya. Selanjutnya, ia menikah dengan Syarifah Bahiyah yang memberinya dua anak Al Habib Salim dan Al Habib Muhammad dan seorang putri Syarifah Raguan.


KEMATIAN DARI BAPA NYA


Pada H 1.334 tahun di bulan Syawal (1906M), ayahnya meninggal dan pada tahun yang sama, Al Habib Idrus dinominasikan oleh Sultan Mansur untuk memegang jabatan hakim dan mufti dari 'Taris, Hadhramaut. Dia hanya dua puluh lima tahun.


MIGRASI KE INDONESIA


Selama hari-hari muda, Al Habib prihatin tentang masalah Hak Asasi Manusia khususnya dengan ketidakadilan yang dibuat oleh Pemerintah Inggris di Hadhramaut. Bersama dengan teman Habib Abdul Rahman Ubaidillah, mereka berlayar ke Mesir untuk menyebarkan makalah tentang penganiayaan dan untuk mencari dukungan dari negara-negara Arab. Namun, rencana mereka ditemukan oleh pasukan Inggris di pelabuhan laut merah. Keduanya ditangkap, kertas mereka disita dan dihancurkan. Mereka ditahan dan kemudian dibebaskan dengan syarat bahwa mereka dilarang untuk melakukan perjalanan ke negara-negara Arab lainnya. Itu hanya setelah kejadian itu Al Habib Idrus memutuskan untuk bermigrasi ke Indonesia


Pada 1.343 tahun H (1925), ia berlayar ke Indonesia dan tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah. Di sana ia menikah dengan Syarifah Aminah Al-Jufri dan dikaruniai dua anak perempuan, Syarifah Lulu 'dan Syarifah Nikmah. Syarifah Lulu 'kemudian menikah dengan Sayyid Segaf bin Syekh Al-Jufri . Salah satu anak-anak mereka adalah Dr.Salim Segaf Al-Jufri, yang adalah pada menyajikan Duta Besar Indonesia di Arab Saudi.


Tahun berikutnya Al Habib Idrus pindah ke Jombang untuk mengajar serta perdagangan tetapi usaha itu tidak berhasil. Setelah dua tahun, ia pergi ke Solo untuk berkonsentrasi pada pekerjaan pendidikan. Dengan kerjasama dari beberapa teman, ia membantu untuk memfasilitasi pengaturan Madrasah Rabithah Alawiyah .


Akhirnya pada tahun 1930, ia pindah ke Palu di Pulau Sulawesi. Setelah pengolahan semua dokumen resmi dan mengirimkan mereka ke Hindia Belanda pemerintah, ia diberi persetujuan resmi untuk mendirikan Madrasah Al-Khairaat. Itu adalah lembaga hati tanpa biaya yang dibebankan kepada siswa sesuai dengan tradisi menyediakan pendidikan gratis untuk belajar bahasa Arab. Itu semata-mata dibiayai oleh Al Habib Idrus yang membayar gaji guru dan staf dari kegiatan perdagangan nya. Dia sendiri mengajar dengan penuh dedikasi dan kemampuan. Upaya tak kenal lelah akhirnya membuahkan hasil dalam memproduksi guru yang dikirim ke seluruh Indonesia Timur dan menangkap pembaptisan kelompok etnis terpencil di Sulawesi Tengah oleh tiga organisasi misionaris, Indische Kerk (IK) yang berbasis di Luwu, Nederlands Zending Genootschap (NZG) yang berbasis di Tentena , dan Leger Dois Hest (LDH) berbasis di Kalawara. Meskipun jadwal sibuk di Al-Khairaat, Al Habib juga pergi secara pribadi ke desa-desa terpencil dan interior tanpa henti menyebarkan panggilan dan pesan Islam. Dia akan melakukan perjalanan dengan cara apapun paling sering berjalan kaki, oleh sapi-gerobak, kapal berlayar kecil dan kendaraan. Upaya ini bekerja keras memuncak dalam konversi oleh ribuan orang untuk menjadi Muslim.


Pada Januari 1942, Sulawesi diduduki Jepang dengan pusat komando yang terletak di Manado. Mereka menutup dengan Al-Khairaat Pelatihan Guru Madrasah. Gentar, Al Habib bergerak di bawah tanah dan terus mengajar secara rahasia di malam hari di Bayoge desa, terletak sekitar satu setengah kilometer dari Al-Khairaat .. Menggunakan apa artinya tersedia untuk penerangan, para siswa datang diam-diam satu per satu secara individual. Pengajaran berlangsung selama tiga setengah tahun,


Ketika Indonesia mencapai kemerdekaannya pada tahun 1945, Al-Khairaat Pelatihan Guru Madrasah dibuka kembali. The dua puluh enam tahun berikutnya, melihat dia mengorbankan dan mengkonsolidasikan pertumbuhan Al Khiarat Yayasan dengan warisan sekarang memiliki 1.816 sekolah yang tepat dari TK sampai tingkat SMA. membentang dari Palu ke Pulau Papua. Selain itu ada lebih dari dua ribu studi informal kelompok-majlis ta'lim, A University baru juga mendirikan bernama Universitas Islam Alkhairat (UNISA) dengan pendaftaran pelopor 500 siswa.


Al Habib Idrus menjalani hidup yang sederhana. Dia tidak pernah punya uang sepeser pun kecuali untuk kebutuhan sehari-harinya dan pencairan bagi masyarakat miskin. Ketika ia sakit, ia akan meminta salah satu murid untuk menyumbangkan uang di pasar. Pada tahun 1968 ia merasa sakit parah dan selama delapan bulan makan jus kurmanya hanya ditekan. Meski begitu, ia masih melakukan majlis mengajar sepanjang hari. Kecuali mereka yang erat berhubungan dengan dia, yang lain menghadiri majlis tidak menyadari dia sakit.


Al Habib Idrus bin Salim meninggal pada hari Senin 12 Syawal 1.389 H (22 Desember 1969) pada usia 80. Hidupnya telah di layanan lengkap kepada Allah dalam segala manifestasi total.


اللهم انشرنفحات الرضوان عليه وإمدنا بالأسرار التي أودعتهال


. اللهم صل SAW على النبي الأمين جده سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمع ديه ين


الفاتحة إلى حضرة النبي محمد صلى الله عليه وآله وسلم وإلى روح سيدنا الحبيب عيدروس بن سالم الجفري وأصوله وفروعه وتلامذته والمنتسبين إليه أجمعين, أن الله يعلي درجاتهم في الجنة ويكثر من مثوباتهم ويضاعف حسناتهم ويحفظنا بجاههم وينفعنابهم ويعيد علينا من بركاتهم وأسرارهم وأنوارهم وعلومهم ونفحاتهم في الدين والدنيا والآخرة - الفاتحة



abdkadiralhamid@2012

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AL-Habib Idrus BIN SALIM AL-Jufri, Palu, Sulteng"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip