//

Siapakah yang pertama kali memulai Bid’ah hasanah setelah wafatnya Rasul saw?

Siapakah yang pertama kali memulai Bid’ah hasanah setelah wafatnya Rasul saw?

ﺃَﻥَّ ﺯَﻳْﺪَ ﺑْﻦَ ﺛَﺎﺑِﺖٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺭْﺳَﻞَ ﺇِﻟَﻲَّ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻣَﻘْﺘَﻞَ ﺃَﻫْﻞ ﺍﻟْﻴَﻤَﺎﻣَﺔِ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻋُﻤَﺮُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﺨَﻄَّﺎﺏِ ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻨْﻪُ ﺇِﻥَّ ﻋُﻤَﺮَ ﺃَﺗَﺎﻧِﻲ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﻘَﺘْﻞَ ﻗَﺪْ ﺍﺳْﺘَﺤَﺮَّ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻴَﻤَﺎﻣَﺔِ ﺑِﻘُﺮَّﺍﺀِ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺧْﺸَﻰ ﺃَﻥْ ﻳَﺴْﺘَﺤِﺮَّ ﺍﻟْﻘَﺘْﻞُ ﺑِﺎﻟْﻘُﺮَّﺍﺀِ ﺑِﺎﻟْﻤَﻮَﺍﻃِﻦِ ﻓَﻴَﺬْﻫَﺐَ ﻛَﺜِﻴﺮٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺭَﻯ ﺃَﻥْ ﺗَﺄْﻣُﺮَ ﺑِﺠَﻤْﻊِ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻗُﻠْﺖُ ﻟِﻌُﻤَﺮَ ﻛَﻴْﻒَ ﺗَﻔْﻌَﻞُ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﻔْﻌَﻠْﻪُ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَِّﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻋُﻤَﺮُ ﻫَﺬَﺍ ﻭَﺍﻟﻠَِّﻪ ﺧَﻴْﺮٌ ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﺰَﻝْ ﻋُﻤَﺮُ ﻳُﺮَﺍﺟِﻌُﻨِﻲ ﺣَﺘَّﻰ ﺷَﺮَﺡَ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﺻَﺪْﺭِﻱ ﻟِﺬَﻟِﻚَ ﻭَﺭَﺃَﻳْﺖُ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺭَﺃَﻯ ﻋُﻤَﺮُ ﻗَﺎﻝَ ﺯَﻳْﺪٌ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﺇِﻧَّﻚَ ﺭَﺟُﻞٌ ﺷَﺎﺏٌّ ﻋَﺎﻗِﻞٌ ﻟَﺎ ﻧَﺘَّﻬِﻤُﻚَ ﻭَﻗَﺪْ ﻛُﻨْﺖَ ﺗَﻜْﺘُﺐُ ﺍﻟْﻮَﺣْﻲَ ﻟِﺮَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَِّﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺘَﺘَﺒَّﻊْ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻓَﺎﺟْﻤَﻌْﻪُ ﻓَﻮَﺍﻟﻠَِّﻪ ﻟَﻮْ ﻛَﻠَّﻔُﻮﻧِﻲ ﻧَﻘْﻞَ ﺟَﺒَﻞٍ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﺠِﺒَﺎﻝِ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺛْﻘَﻞَ ﻋَﻠَﻲَّ ﻣِﻤَّﺎ ﺃَﻣَﺮَﻧِﻲ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﺟَﻤْﻊِ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻗُﻠْﺖُ ﻛَﻴْﻒَ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﻥَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﻔْﻌَﻠْﻪُ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَِّﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻫُﻮَ ﻭَﺍﻟﻠَِّﻪ ﺧَﻴْﺮٌ ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﺰَﻝْ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻳُﺮَﺍﺟِﻌُﻨِﻲ ﺣَﺘَّﻰ َشرَﺡَ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﺻَﺪْﺭِﻱ ﻟِﻠَّﺬِﻱ ﺷَﺮَﺡَ ﻟَﻪُ ﺻَﺪْﺭَ ﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮٍ ﻭَﻋُﻤَﺮَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَُّﻪ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻓَﺘَﺘَﺒَّﻌْﺖُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﺃَﺟْﻤَﻌُﻪُ

“Bahwa Sungguh Zeyd bin Tsabit ra berkata : Abubakar ra mengutusku ketika terjadi pembunuhanbesar - besaran atas para sahabat (Ahlul Yamaamah), dan bersamanya Umar bin Khattab ra, berkata Abubakar :
“Sungguh Umar (ra) telah datang kepadaku dan melaporkan pembunuhan atas ahlul yamaamah dan ditakutkan pembunuhan akan terus terjadi pada para Ahlulqur’an, lalu ia menyarankan agar Aku (Abubakar Asshiddiq ra) mengumpulkan dan menulis Alqur’an, aku berkata : “Bagaimana aku berbuat suatu hal yang tidak diperbuat oleh
Rasulullah..??, maka Umar berkata padaku bahwa “Demi Allah ini adalah demi kebaikan dan merupakan kebaikan, dan ia terus meyakinkanku sampai Allah menjernihkan dadaku dan aku setuju dan kini aku sependapat dengan Umar, dan engkau (zeyd) adalah pemuda, cerdas, dan kami tak menuduhmu (kau tak pernah berbuat jahat), kau telah mencatat wahyu, dan sekarang ikutilah dan kumpulkanlah Alqur’an dan tulislah Alqur’an..!” berkata Zeyd : “Demi Allah sungguh bagiku diperintah memindahkan sebuah gunung daripada gunung – gunung tidak seberat perintahmu padaku untuk mengumpulkan Alqur’an, bagaimana kalian berdua berbuat sesuatu yang tak diperbuat oleh Rasulullah saw??”, maka Abubakar ra mengatakannya bahwa hal itu adalah kebaikan, hingga ia pun meyakinkanku sampai Allah menjernihkan dadaku dan aku setuju dan kini aku sependapat dengan mereka berdua dan aku mulai mengumpulkan Alqur’an”. (Shahih Bukhari hadits No.4402 dan 6768).

Nah saudaraku,
bila kita perhatikan konteks diatas Abubakar Asshiddiq ra mengakui dengan ucapannya : “sampai Allah menjernihkan dadaku dan aku setuju dan kini aku sependapat dengan Umar”. Hatinya jernih menerima hal yang baru
(bid’ah hasanah) yaitu mengumpulkan Alqur’an, karena sebelumnya Alqur’an belum dikumpulkan menjadi
satu buku, tapi terpisah – pisah di hafalan sahabat, ada yang tertulis di kulit onta, di tembok, dihafal dll. Ini adalah Bid’ah hasanah,,,, justru mereka berdualah (Sayyidina Abubakar dan Sayyidina Umar) yang memulainya.
Kita perhatikan hadits yang dijadikan dalil menafikan (menghilangkan) Bid’ah Hasanah mengenai semua bid’ah adalah kesesatan. Diriwayatkan bahwa Rasul saw selepas melakukan shalat subuh beliau saw menghadap kami dan menyampaikan ceramah yang membuat hati berguncang, dan membuat airmata mengalir.., maka kami berkata : “Wahai Rasulullah.. seakan akan ini adalah wasiat untuk perpisahan.., maka beri wasiatlah kami..” maka Rasul saw bersabda : “Kuwasiatkan kalian untuk bertakwa kepada Allah, mendengarkan dan taatlah walaupun kalian
dipimpin oleh seorang Budak Afrika, sungguh diantara kalian yang berumur panjang akan melihat sangat banyak
ikhtilaf (perbedaan pendapat), maka berpegang teguhlah pada sunnahku dan sunnah khulafa’urrasyidin yang mereka itu pembawa petunjuk, gigitlah kuat – kuat dengan geraham kalian (suatu kiasan untuk kesungguhan), dan hati - hatilah dengan hal - hal yang baru, sungguh semua yang Bid’ah itu adalah kesesatan”. (Mustadrak Alas shahihain hadits No.329).

Jelaslah bahwa Rasul saw menjelaskan pada kita untuk mengikuti sunnah beliau dan sunnah Khulafa’urrasyidin, dan sunnah beliau saw telah memperbolehkan hal yang baru selama itu baik dan tak melanggar syariah. Dan sunnah
khulafa’urrasyidin adalah anda lihat sendiri bagaimana Abubakar Asshiddiq ra dan Umar bin Khattab ra menyetujui bahkan menganjurkan, bahkan memerintahkan hal yang baru, yang tidak dilakukan oleh Rasul saw yaitu pembukuan
Alqur’an, lalu pula selesai penulisannya dimasa Khalifah Utsman bin Affan ra, dengan persetujuan dan kehadiran Ali
bin Abi Thalib kw dan seluruh sahabat Radhiyallahu’anhum.

Nah.. sempurnalah sudah keempat makhluk termulia di ummat ini, khulafa’urrasyidin melakukan bid’ah hasanah,

-Abubakar Asshiddiq ra di masa kekhalifahannya memerintahkan pengumpulan Alqur’an,
-lalu kemudian Umar bin Khattab ra pula dimasa kekhalifahannya memerintahkan tarawih berjamaah dan seraya berkata : “Inilah sebaik – baik Bid’ah!” (Shahih Bukhari hadits No.1906)
-lalu pula selesai penulisan Alqur’an dimasa Khalifah Utsman bin Affan ra hingga Alqur’an kini dikenal
dengan nama “Mushaf Utsmaniy”, dan Ali bin Abi Thalib kw menghadiri dan menyetujui hal itu dan seluruh sahabat Radhiyallahu’anhum.

Demikian pula hal yang dibuat - buat tanpa perintah Rasul saw adalah 2X adzan di Shalat Jumat, tidak pernah dilakukan di masa Rasul saw, tidak dimasa Khalifah Abubakar Asshiddiq ra, tidak pula di masa Umar bin khattab ra dan baru dilakukan di masa Utsman bin Affan ra, dan diteruskan hingga kini (Shahih Bukhari hadits No.873).

Seluruh madzhab mengikutinya. Lalu siapakah yang salah dan tertuduh?

Siapakah yang lebih mengerti larangan Bid’ah?

Adakah pendapat mengatakan bahwa keempat Khulafa’urrasyidin ini tak faham makna Bid’ah !!!???

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapakah yang pertama kali memulai Bid’ah hasanah setelah wafatnya Rasul saw?"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip