//

DOA BUKA PUASA

DOA BUKA PUASA

الحمد لله ، اللـهم صل على سيدنا محمد وآله وسلم ، ( اللهم لك صُمتُ ، وعلى رزقك أفطرت ، وبك آمنت ، وعليك توكلت ، ورحـمتك رجوت ، وإليك أنبت ، ذهب الظمأ وابتلَّتِ العُروق وثبت الأجر إن شاء الله تعالى ، يا واسع الفضل اغفر لي ، الحمد لله الذي أعانني فصمت ، ورزقني فأفطرت اللـهم إني أسألك برحـمتك التي وسعت كل شيءٍ أن تغفر لي ، سبحانك اللهم وبِحمدك ، ربنا تـقبل منا إنك أنت السميع العليم . اللـهم إنك عفوٌ تُـحِب العفوَ فاعفُ عنا يا كريم ، اللـهم صلِّ على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم
اللهم يا عظيم يا عظيم أنت إلهي لا إله غيرك ، اغفر الذنب العظيم ، فإنه لا يغفر الذنب العظيم إلا العظيم ، اللهم اغفر لنا وارحمنا ، وارض عنا وتقبل منا ، وأدخلنا الجنة ونجنا من النار ، وأصلح لنا شأننا كله ، وصلى الله وسلم في كل حين أبداً على سيدنا محمد وآله وصحبه ، عدد نِعمِ الله وأفضاله .

Artinya : Segala Puji Bagi Allah , Solawat dan salam semuga terlimpahkan kepada Sayyidina Muhammad SAW. Ya Allah, aku telah berpuasa untukMu, dan aku telah berbuka dengan rezekiMu. dan dengan Engkau aku beriman, dan hanya atasMu aku bertawakal, dan hanya rahmatMu aku harapkan dan hanya kepadaMu aku kembali,hilanglah kehausan, dan telah basahlah kerongkongan dan tetaplah pahala insya Allah” Wahai Yang Maha Luas anugerahnya, ampunilah kesalahanku. Segala pujian bagi Allah yang telah membantuku sehingga aku dapat berpuasa dan yang telah memberi kepadaku rezeki sehingga aku dapat berbuka”. Ya Allah aku memohon kepada-Mu demi rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, ampunilah aku. Maha Suci Engkau Ya Allah dan terpujilah Engkau. Ya Tuhan Kami terimalah dari kami sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan menyukai sikap pemaaf maka maafkanlah kami. Ya Allah limpahkanlah salawat (kesejahteraan) dan salam (keselamatan) atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarga serta sahabat beliau. Ya Allah-ku, wahai Yang Maha Agung, wahai Yang Maha Agung, Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa yang besar. Karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa yang besar keculai Tuhan Yang Maha Besar / Agung. Ya Allah ampunilah kami, rahmatilah kami, ridhoilah kami, dan terimalah darikami (segala amalan kami), masukkanlah kami ke dalam surga dan selamatkanlah kami dari api neraka, dan perbaikilah untuk kami segala urusan kami semuanya. Semoga salawat dan salam Allah tetap terlimpah – setiap waktu selamanya – atas junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga beliau, sebanyak nikmat-nikmat dan keutamaan Allah.



سر الصوم

قال الإمام الحداد رحمه الله :
ومن آداب الصائم : أن لا يكثر النوم بالنهار ، ولا يكثر الأكل بالليل ، وليقتصد في ذلك حتى يجد مس الجوع والعطش ؛ فتتهذب نفسه وتضعف شهوته ، ويستنير قلبه ...وذلك سر الصوم ومقصوده .

النصائح الدينية ص 138
Berkata Iman Alhaddad r.a. dalam kitabnya yg berjudul Nasoihu diniyah wal wasoya alimaniyah hal 138 :

Termasuk diantara adab2nya orang yg berpuasa adalah hend
aknya ia tidak memperbanyak tidurnya disiang hari dan tidak memperbanyak makan dimalam harinya, maka hendaknya ia bersikap wajar/sedang2 saja akan hal tersebut sehingga ia tetap merasakan rasa laparnya disiang harinya karena tidak dipake tidur saja pun dimalam harinya (karena tidak terlalu kenyang saat berbuka) dengan demikian jiwanya akan terlatih dan nafsu syahwatnya pun akan melemah dan hatinya akan bercahaya, nah inilah rahasia dan maksud tujuan dari ibadah PUASA itu sendiri
.


2014@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOA BUKA PUASA"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip