//

HUKUM DAN AMALAN SERTA DO’A RABU TERAKHIR BULAN SHOFAR (RABU WEKASAN)

HUKUM DAN AMALAN SERTA DO’A KHUSUS PADA HARI RABU TERAKHIR BULAN SHOFAR (RABU WEKASAN)

 


Hukum Amalan Rabu Wekasan


- Buya Yahya Menjawab - 

Assalamu ‘Alaikum WR. WB
Buya bagaimana hukumnya membaca doa khusus dan sedekah-sedekah khusus pada hari RABU WEKASAN, Apakah amalan itu disyariatkan dan dicontohkan Nabi Muhammad ? karena orang-orang kampung meyakini pada hari itu diturunkan bala dan bencana ?

Wa’alaikum Salam wr. Wb.

RABU WEKASAN adalah istilah untuk hari rabu akhir bulan shofar. Bulan shofar tidak beda dengan bulan yang lainya. Bukan bulan bencana dan bukan bulan sial. Kita tidak boleh mempercayai adanya bulan sial. Bulan sial adalah bulan seorang hamba melakukan kemaksiatan. Adapun berita tentang adanya ribuan bala bencana di hari itu bukanlah berita dari Nabi Muhammad SAW. Itu hanya ungkapan sebagian orang sholeh dan Bukan hadits nabi.


Yang mau mempercayai perkataan orang sholih tidak salah dengan 2 syarat :
1. Jangan di sandarkan kepada Nabi Muhammad SAW.
2. Perkataan tersebut tidak bertentangan dengan syariat nabi Muhammad SAW. Tentang bala bencana bisa saja di ucapkan oleh seorang sholih dari ilham. Masalah ilham telah disepakati keberadaanya seperti disebutkan dalam Al-Qur’an.


Bagi yang tidak mempercayai juga tidak ada masalah sebab kita tidak wajib percaya kepada orang yang mengaku mendapatkan ilham. Yang tidak diperkenakan adalah kurang ajar kepada orang sholeh. Artinya bagi yang tidak percaya ya silahkan asal tetap menjaga tatakrama kepada orang sholeh tersebut.
Bagi yang tidak mempercayai, berprasangka baiklah kepada Allah dengan sungguh semoga di hari RABU WEKASAN Allah turunkan rahmat kepada kita serta tingkatkan ibadah dan jauhi maksiat agar Alloh senantiasa menjaga kita. Dan bagi yang mempercayai juga tidak perlu cemas dan berprasangka buruk pada Alloh sebab bencana apapun yang diturunkan hanya akan menimpa orang yang berprasangka buruk kepada Alloh dan yang dikehendaki oleh Alloh.

Adapun amalan yang seyogyanya dilakukan adalah tidak beda dengan amalan di hari-hari yang lainnya. Perbanyaklah sedekah untuk menolak bala’ dunia dan akhirat dan jangan tinggalkan di setiap hari untuk melakukan sholat hajat dengan memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari bencana. Semoga senantiasa dikarunia nikmat dan rahmat oleh Alloh SWT. Wallohu a’lam Bishshowab


Do'a di awal bulan Shafar :

(بسم الله الرحمن الرحيم ، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين ، أَعوذ بالله من شر هذا الزمان وأهلِه ، وأعوذ بجلالك وجلال وجهك ، وكمال جلال قدسك ، أن تُجِيرَني ووالديَّ وأولادي وأهلي وأحبابي ، وما تحيطه شفقة قلبي من شر هذه السنة ، وقِني شرَّ ما قضيت فيها ، واصرفْ عنِّي شرَّ شهرِ صفر ، يا كريم النظر ، واختم لي في هذا الشهر والدهر بالسلامة والسعادة والعافية لي ولوالدي وأولادي ، ولأهلي ، وما تحوطه شفقة قلبي وجميع المسلمين ،وصلى الله تعالى على  سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم ).

Sebagian orang-orang shaleh mengatakan bahwa: barang siapa membaca do'a ini setiap hari di bulan Shafar maka maka Allah SWT akan menjaganya dari bala' dan mala petaka di tahun itu sampai Shafar yang akan datang, dan tidak akan terkena bala' sama sekali. do'a itu adalah sbb:

( بسم الله الرحمن الرحيم ، (اللهم ) صل على سيدنا محمد عبدك ونبيك ورسولك النبي الأمي وعلى آله وبارك وسلم ، ( اللهم ) إني أعوذ بك من شر هذا الشهر ، ومن كل شدة وبلاء وبلية قدرتها فيه يا دهر ، يا مالك الدنيا والآخرة ، يا عالماً بما كان وما يكون ، ومن إذا أراد شيئاً أن يقول له كن فيكون ، يا أزلي يا أبدي ، يا مبدئ يا معيد ، يا ذا الجلال والإكرام ، يا ذا العرش المجيد ، أنت تفعل ما تريد ، ( اللهم ) احرس بعينك نفسي وأهلي  ومالي وولدي ، وديني ودنياي التي ابتليتني بصحبتها ، بحرمة الأبرار والأخيار ، برحمتك يا أرحم الراحمين ، ( اللهم ) يا شديد القوى ، ويا شديد المحال ، يا عزيز ذلت لعزتك جميع خلقك ، اكفني عن جميع خلقك ، يا محسن يا مجمل ، يا مفضل يا منعم يا مكرم ، يا من لا إله إلا أنت برحمتك  يا أرحم الراحمين ، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم أجمعين

Keutama'an Pertama :

Ulama Ahli ma'rifat menyebutkan : bahwa disetiap tahun turun 320 ribu bala', semuanya diturunkan dihari rabu terakhir dari bulan Shafar, maka hari itu menjadi yaumi nahsin mustamir hari yang paling sulit di setiap tahun. Barang siapa melakukan shalat di hari itu sebanyak empat raka'at, setiap raka'at membaca surat Al-Kautsar tuju belas kali, juga surat Al-Ikhlas lima kali serta Ma'udzatain satu kali satu kali, kemudian setelah salam membaca do'a ini maka Allah SWT akan menjaganya dari berbagai macam bala' dan musibah yang diturunkan di hari itu hingga sempurna satu tahun. Adapun do'a yang diagungkan tersebut adalah :

( بسم الله الرحمن الرحيم ، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم ، ( اللهم ) يا شديد القوي ويا شديد المحال ، يا عزيز يا ذلت لعزتك جميع خلقك ، اكفني من جميع خلقك  يا محسن يا مجمل ، يا متفضل يا منعم يا مكرم ، يا من لا إله إلا أنت ، برحمتك يا أرحم الراحمين ، ( اللهم يسر الحسن وأخيه ، وجده وأبيه ، اكفني شر هذا اليوم وما ينزل فيه ، يا كافي ( فسيكفيكهم الله وهو السميع العليم ) وحسبنا الله ونعم الوكيل ، ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم ) اهـ.

Ulama' shaleh menyebutkan bahwa hari rabu terakhir dibulan Shafar adalah hari musibah yang terus menerus (Yaumi Nahsin Mustamir) maka disunahkan untuk membaca surat Yaasin dan jika sampai pada firman Allah SWT ( سلام قولا من رب الرحيم ) mengulanginya sebanyak 313 ( tigaratus tigabelas kali ), kemudian berdo'a dengan do'a sbb:

اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الأهوال والآفات ، وتقضي لنا جميع الحاجات ، وتطهر بها من جميع السيئات ،وترفعنا بها أعلى الدرجات ، وتبلغنا بها أقصى الغايات ، من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات

Kemudian membaca :

(اللهم ) اصرف عنا شر ما ينزل من السماء ، وما يخرج من الأرض ، إنك على كل شيء قدير ، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Kemudian berdo'a dengan meminta sesuatu yang paling penting baik dunia atau akherat kemudian meminta kepada Allah SWT agar diselamatkan.

Keutama'an Kedua :


Sebagian dari faidah yang mujarab untuk menolak balak dan menjaga diri adalah menulis ayat-ayat dibawah ini di kertas kemudian merendamnya di dalam air dan meminumnya. Dikatakan dalam kitab "Na't Al-bidayat": "Diriwayatkan bahwa barang siapa shalat sebanyak empat raka'at seperti yang diterangkan di atas, kemudian berdo'a dengan do'a di atas (Yaitu اللهم يا شديد القوى ...الخ) kemudian setelah itu menulis ayat-ayat dibawah ini dan merendamnya di dalam air kemudian meminumnya maka Insya Allah akan diamankan dari bala' di siang itu hingga akhir tahun. Ayat-ayat tersebut adalah sbb:

سلام قولاً من رب الرحيم ) ( سلام على نوح في العالمين) ( سلام على إبراهيم ) ( سلام  على موسى وهارون ) ( سلام على إل ياسين ) ( سلام عليكم طبتم فادخلوها داخلين ) ( من كل أمر ، سلام هي حتى مطلع الفجر )


Pemahaman ini telah dimufakati, dan sebagaimana amalan-amalan yang di lakukan oleh Ulama' Al-A'rif billah di kalangan Hadromaut, dan kami tidak mengesampingkan itu, kami mempercayakan pemahaman beliua daripada kami menganalogikan pemahaman kami sendiri. Al-hasil mungkin anda akan sedikit bingung dengan catatan kami bila hati anda tidak diiringi dengan sentuhan hikmah. 
 

Amalan Rabu Terakhir Bulan Shofar


Al allamah Asy syekh Ad dairobi dlm kitab Mujarrobat-nya sebagaimana di kutib kitab Kanz An-Najah wa As-Surur mengatakan, sebagian ulama arifin menyebutkan bahwa sepanjang tiap tahun turun 320.000 bala dan semuanya itu ada di Rabu Terakhir bulan Shofar.

Maka hari itu merupakan hari yang paling lemah dlm setahun.
Maka pada hari itu di anjurkan Sholat Sunnah 4roka'a[ 1salam tanpa tahiyyat awal ], di tiap" roka'atnya membaca fatihah 1x al kaustar 17x al ikhlas 5x al falaq 1x an nas 1x, waktunya dari ba'da 'isya(malam ini) sampai sblm 'ashr(bsok ba'da zhuhur) boleh jg di wkt dhuha. . dgn niat sebagai berikut: 


أُصَلِّي سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى
 

Setelah salam bacalah do'a ini:

بسم الله الرّحمٰن الرّحيم، و صلّى الله تعالى علٰى سيّدنا محمّد و علٰى آله و صحبه و سلّم، الّلهمّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَ يَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا إِلٰه إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

الّلهمّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَ أَخِيْهِ وَ جَدِّهِ وَ أَبِيْهِ، اِكْفِنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيْ، فَسَيَكْفِيْكَهُمُ الّٰلهُ وَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَ حَسْبُنَا الّلهُ وَ نِعْمَ الْوَكِيْلُ وَ لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَ صلّى الله تعالى علٰى سيّدنا محمّدٍ و علٰى آله و صحبه و سلَّم
 

Lalu bacalah suroh yasin dan ketika sampai pada ayat:

سَلَامُ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيْمٍ


diulang sebanyak 313x lalu lanjutkan yasin nya sampai akhir,

abdkadiralhamid@2014

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "HUKUM DAN AMALAN SERTA DO’A RABU TERAKHIR BULAN SHOFAR (RABU WEKASAN)"

  1. Mas, do'a doa an shalat 4 rakaat pada hari Rabu bulan shafar terahir seperti tertulis diatas itu dari Buya Yahya semua atau dari mana?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yg positip